Manfaat Penting Makan Kentang untuk Pendamping ASI Pada Bayi

 https://www.pemanberita.my.id/2023/07/manfaat-penting-makan-kentang-untuk.html

Parents saat sudah memasuki usia 6 bulan keatas, si kecil harus diberikan makanan pendamping ASI atau MPASI. Karena ASI saja sudah tidak cukup untuk memenuhi kebutuhan nutrisinya. Saat mempersiapkan menu mpasi parents harus memperhatikan kandungan gizi, variasi tekstur, serta rasa dari setiap bahan makanan yang akan parents olah menjadi menu mpasi.

Salah satu bahan makanan yang sering dipilih ialah kentang, karena kentang merupakan sumber karbohidrat yang bisa parents jadikan pengganti nasi. Saat menyiapkan menu mpasi si kecil namun jenis karbohidrat yang terkandung di dalam kentang berbeda dengan nasi. Karena kentang mengandung karbohidrat kompleks. Selain itu kentang memiliki manfaat yang luar biasa, jika si kecil mengkonsumsinya sebagai salah satu menu pada MPASI.

Berikut beberapa manfaat kentang untuk bayi jika dijadikan sebagai salah satu menu mpasinya, yakni:

Mengandung antioksidan yang dapat mencegah penyakit
Kentang memiliki kandungan berbagai macam antioksidan yakni flavonoid, karotenoid dan asam fenolat yang dapat melawan radikal bebas. Sehingga dapat mencegah masuknya berbagai penyakit yang akan masuk ke dalam tubuh. Selain itu berbagai antioksidan yang terkandung dalam kentang juga dapat mencegah pertumbuhan sel kanker hati dan usus besar yang menyehatkan sistem pencernaan.

Menyehatkan sistem pencernaan anak
Hal ini dikarenakan kentang mengandung pati tahan cerna yang ketika sampai di usus besar akan dimakan oleh bakteri baik dan berubah menjadi asam lemak. Rantai pendek yang dapat mencegah terjadinya peradangan di usus besar dan meningkatkan sistem pertahanan usus besar, sehingga bermanfaat bagi kesehatan pencernaan.

Sumber energi yang baik
Seperti yang sedang disampaikan sebelumnya, kentang mengandung karbohidrat kompleks yang lebih sehat dari pada nasi. Karbohidrat ini bermanfaat sebagai sumber energi yang dapat bertahan lebih lama untuk mendukung si kecil yang sedang aktif bergerak. Hal ini dapat terjadi dikarenakan kentang lebih lama dicerna oleh tubuh. Sehingga bayi memiliki cadangan energi yang lebih banyak, sehingga ia menjadi tidak mudah lemas.

Menjaga kesehatan kulit
Kentang mengandung vitamin C, hati dan berbagai enzim yang dapat membantu menjaga kesehatan kulit bayi. Bahkan kentang dapat membantu menyembuhkan bekas gigitan serangga pada kulit bayi. Caranya cukup mudah parents dapat pengupas dan mencuci bersih kentang. Selanjutnya parents dapat memotongnya menjadi kecil-kecil dan gosokkan potongan kentang tersebut pada kulit bayi secara perlahan.

Jadi itulah beberapa manfaat kentang untuk si kecil jika dijadikan sebagai menu mpasinya. Semoga bermanfaat.