9 Cara Terbukti untuk Mengurangi Risiko Toko Dropshipping Anda

 https://www.pemanberita.my.id/2023/08/9-cara-terbukti-untuk-mengurangi-risiko.html

Dropshipping merupakan strategi bisnis ritel yang menarik bagi orang-orang yang mau mendapatkan keuntungan tinggi dengan investasi minimal. Dengan dropshipping, Cara terbukti mengurangi resiko untuk artikel toko dropshipping Anda, perantara akan mengurus pergudangan dan penyimpanan untuk Anda. Tidak perlu menyewa gudang fisik atau menyiapkan peralatan mahal untuk menjalankan fasilitas yang layak.

Menjalankan toko online membutuhkan banyak waktu, tenaga, dan uang. Pemilik toko dropship akan membutuhkan semua bantuan yang mereka dapat untuk mengembangkan bisnis mereka tanpa membebani pengeluaran mereka. Sayangnya, banyak pemula yang terjebak dalam kesalahan yang merugikan bisnis mereka. Hindari kesalahan pemula dengan tips bermanfaat dan mengurangi risiko ini.

Cara mengurangi risiko untuk toko dropshipping Anda:

1. Periksa pesanan 3 kali sebelum pengiriman
Pelanggan sering kali salah memesan barang dan terkadang lupa menambahkan item lagi ke keranjang sebelum check out. Bila pelanggan ingin memperbarui pesanannya, Anda harus segera mengoordinasikan perubahan ini dengan mitra dropshipping Anda. Anda berada di sisi bisnis yang berhubungan dengan pelanggan, jadi Andalah yang mengumpulkan informasi tentang apa yang dibutuhkan pelanggan. 

Dan sebagai kontak utama vendor, Anda bertanggung jawab untuk berbagi informasi dengan vendor. Informasi tersebut mencakup perubahan pesanan yang dilakukan di luar platform penjualan. Mengabaikan perubahan dan pembatalan pesanan, bahkan secara tidak sengaja, dapat merugikan. Pertama, Anda mungkin perlu mengatur pengembalian barang yang salah atau pengiriman barang yang hilang. Kedua skenario tersebut dapat menyita waktu dan uang Anda. 

Kedua, jika permasalahan ini tidak ditangani dengan benar, kemungkinan besar Anda akan mendapatkan ulasan negatif dan berpotensi kehilangan pelanggan tetap. Cara terbaik untuk menghindari skenario ini adalah dengan memiliki sistem pelacakan yang solid untuk perubahan pesanan. Dan ketika ada pengawasan dalam pemenuhan pesanan, Anda harus memiliki pedoman penanganan pelanggan. 

Berikut ini contoh strategi langkah demi langkah ketika pelanggan mengeluh mengenai pesanan yang salah dipenuhi:
 
* Katakan permintaan maaf.

* Jelaskan apa yang pasti terjadi sehingga mengakibatkan pemenuhan yang salah.

* Kompensasi pelanggan dengan memenuhi pesanan yang benar. Anda juga bisa mempertimbangkan untuk menawarkan token kecil seperti sampel gratis atau diskon kecil untuk pembelian berikutnya.

* Lacak insiden tersebut untuk memantau seberapa sering kejadian tersebut terjadi dan seberapa besar kerugian yang ditimbulkan akibat kesalahan tersebut.

* Tinjau laporan keluhan pelanggan Anda secara berkala untuk menemukan dan menutup kesenjangan dalam operasi Anda.

2. Jangan terlalu banyak menjual produk
Langkah amatir dalam dropshipping adalah menawarkan terlalu banyak hal sekaligus. Industri dropshipping cukup kompetitif; Anda mungkin tergoda untuk menawarkan produk sebanyak mungkin untuk menarik lebih banyak orang. Meskipun menawarkan beragam pilihan mungkin tampak menarik bagi penjual, calon pelanggan mungkin menganggapnya tidak menyenangkan. 

Kelelahan browsing itu nyata. Ini terjadi ketika pelanggan menelusuri produk tanpa akhir hanya untuk akhirnya tidak menemukan apa pun yang menarik minat mereka. Saat memikirkan produk apa yang akan ditambahkan ke portofolio Anda, ingatlah selalu paradoks pilihan, ketika ada terlalu banyak pilihan, pelanggan akhirnya menjadi stres, ragu-ragu, dan kecil kemungkinannya untuk mengambil keputusan pembelian.

Anda dapat dengan mudah menghindari masalah ini dengan memilih ceruk dan menaatinya. Berfokus pada kategori produk tertentu memberi Anda lebih banyak fokus. Anda dapat menargetkan audiens yang lebih kecil tetapi lebih terlibat dan menguntungkan. Ini juga bagus untuk pemasaran. 

Anda akan dapat mempelajari lebih lanjut tentang siapa audiens target Anda dan cara terlibat dengan mereka secara efektif. Pastikan untuk memilih ceruk yang tidak hanya menguntungkan tetapi juga sesuatu yang Anda sukai. Memiliki latar belakang pengetahuan tentang ceruk memungkinkan Anda menyusun daftar produk yang lebih menarik yang disukai pelanggan target Anda.

3. Jual produk serba guna dan tahan lama
Keberlanjutan adalah sesuatu yang kita semua dapat berkontribusi. Anda bisa bertanggung jawab terhadap lingkungan dan tetap untung dengan menjual produk yang tahan lama. Banyak orang, terutama kelompok yang sadar lingkungan, beralih dari produk sekali pakai karena mereka berupaya mengurangi limbah. 

Banyak konsumen bersedia menghabiskan sedikit lebih banyak untuk sesuatu yang tahan lama daripada membeli alternatif yang lebih murah dan berkualitas rendah. Meskipun dunia masih harus menempuh jalan panjang untuk membuang barang-barang sekali pakai demi kenyamanan, Anda bisa melakukan bagian Anda dengan menawarkan produk-produk yang bisa digunakan kembali dan tahan lama.
4. Jangan jatuh pada pintasan, alias black hat SEO
Tidak ada jalan pintas untuk sukses, begitu juga dengan bisnis dropshipping. Setiap pemilik bisnis ingin klien menemukan toko mereka di halaman pertama hasil pencarian segera setelah mereka membukanya. Namun, keberadaan online yang bereputasi membutuhkan waktu untuk dibangun, dan ini adalah sesuatu yang harus dipahami dan diterima oleh pemula. Optimisasi mesin pencari (SEO) telah ada untuk sementara waktu. 

Mesin pencari mempunyai lebih dari cukup waktu untuk mengenali taktik SEO yang cerdik dan menghukum mereka yang menggunakannya. Menggunakan Black Hat SEO, atau praktik meningkatkan peringkat situs di mesin pencari melalui taktik curang, bisa membuat toko Anda diperhatikan pada awalnya, namun tidak lama.

Mesin pencari utama seperti Google telah menindak pelanggar SEO, dan hukumannya sangat berat. Anda dapat diblokir atau mengalami peringkat pencarian yang lebih rendah. Strategi SEO Black Hat yang umum mencakup halaman doorway, pertukaran halaman, isian kata kunci, dan teks tak terlihat. 

Jangan menjadi mangsa taktik SEO Black Hat dan janji agensi yang menggunakannya. Anda dapat membangun kehadiran online Anda secara perlahan, pasti, dan jujur. Ada banyak spesialis SEO terampil di luar sana yang dapat membuat strategi SEO yang solid untuk membantu Anda terus naik peringkat pencarian.

5. Manfaatkan influencer marketing pada waktu yang tepat
Saat ini, bermitra dengan influencer media sosial untuk memasarkan produk adalah hal yang populer. Influencer adalah individu dengan banyak pengikut di platform media sosial seperti Instagram, TikTok, atau YouTube. Pengikut mereka sangat menghargai pemikiran dan pendapat mereka, itulah sebabnya banyak merek berkolaborasi dengan influencer ini. Mendapatkan influencer yang tepat untuk menyebutkan atau menyorot produk Anda bahkan hanya dalam satu postingan dapat meningkatkan penjualan Anda.

Meskipun pemasaran influencer berfungsi, menggunakan taktik pemasaran ini terlalu dini dapat berarti menghabiskan anggaran pemasaran Anda dengan hasil yang sangat kecil. Untuk satu hal, kolaborasi influencer tidaklah murah. Semakin banyak pengikut dan keterlibatan yang dimiliki influencer, semakin banyak uang yang kemungkinan akan mereka kenakan untuk setiap postingan. 

Pengembalian investasi tidak seimbang terlalu awal dalam permainan, jadi sebaiknya gunakan anggaran pemasaran awal Anda untuk strategi yang lebih hemat biaya. Sesudah Anda memantapkan identitas merek dan keberadaan online Anda, maka pemasaran influencer mungkin merupakan strategi yang masuk akal.

6. Gunakan kemasan berkualitas
Banyak pembeli online mengalami pengalaman yang tidak menguntungkan karena kemasan berkualitas rendah. Bayangkan bersemangat membuka kotak pesanan mereka hanya untuk menemukannya rusak dalam perjalanan. Meskipun hal ini sering di luar kendali pengecer, ada beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk meminimalkan risiko kerusakan.

Salah satu caranya adalah dengan mewajibkan mitra vendor Anda untuk menggunakan kemasan yang berkualitas.
Pastikan kotaknya kokoh dan bahan kemasan Anda bersifat protektif. Jika produk sangat mudah pecah, maka harus ada stiker “rapuh” pada kemasannya. Pastikan persyaratan pengemasan adalah bagian dari perjanjian Anda dengan vendor Anda. Ini mungkin tampak mahal, tapi ini akan menyelamatkan Anda dari banyak masalah dan keluhan dalam jangka panjang.

7. Tawarkan berbagai pilihan pembayaran
Cara kita membayar sesuatu telah berubah drastis dalam beberapa tahun terakhir. Berbagai pilihan pembayaran digital kini tersedia dan terkadang lebih disukai daripada pembayaran tunai dan cek. Misalnya, sebagian orang lebih suka menggunakan dompet digital seperti PayPal. 

Orang lain mungkin ingin menggunakan kartu kredit atau debit mereka. Beberapa bahkan mungkin ingin membayar dengan mata uang kripto. Pastikan untuk menawarkan berbagai opsi pembayaran untuk pelanggan Anda. Dengan cara ini, mereka dapat dengan mudah checkout dan membayar dengan metode yang paling nyaman bagi mereka.

8. Menawarkan kebijakan pengembalian dan penukaran yang baik
Cara lain untuk membuat pelanggan Anda senang adalah dengan menawarkan kebijakan pengembalian dan penukaran yang baik. Ini menunjukkan bahwa Anda berdiri di belakang produk Anda dan bersedia memperbaikinya jika terjadi kesalahan. 

Kebijakan pengembalian Anda harus jelas, ringkas, dan mudah dipahami. Jangan membuat pelanggan Anda melalui rintangan untuk mengembalikan atau menukar produk. Kebijakan Anda harus cukup murah hati untuk memberi pelanggan Anda pengalaman yang tidak merepotkan.

9. Mendukung inisiatif keberlanjutan dan lingkungan
Dunia dropshipping merupakan penyumbang emisi karbon global. Meskipun Anda mungkin tidak dapat menghindari jejak karbon yang tinggi, Anda dapat melakukan bagian Anda untuk mencoba mengimbanginya. Dukung penyebab lingkungan yang didedikasikan untuk mempromosikan keberlanjutan dan mengimbangi emisi karbon. Banyak tujuan amal yang didedikasikan untuk penanaman pohon, pengelolaan limbah, tempat penampungan makanan, dan penyebab serupa lainnya.

Pertimbangkan untuk melibatkan pelanggan Anda dengan mengizinkan mereka berkontribusi ke badan amal yang Anda dukung saat checkout. Anda juga dapat mengintegrasikan upaya tanggung jawab sosial perusahaan dalam komunikasi Anda atau pada halaman produk tertentu. Beri tahu pelanggan Anda bahwa sebagian dari hasil produk tertentu akan disumbangkan untuk tujuan baik. Melakukan hal ini akan membuat pelanggan merasa senang dengan pembelian mereka dan lebih sadar akan nilai-nilai merek Anda.

Semoga tips dropshipping ini dapat membantu Anda menghindari risiko umum dalam menjalankan bisnis online jenis ini. Dropshipping mungkin tidak sesulit struktur bisnis ritel lainnya, namun memiliki tantangan tersendiri. Cara terbaik untuk berhasil dalam industri ini adalah dengan memahami risiko-risiko tersebut dan menemukan cara untuk mengurangi atau, bahkan lebih baik lagi, menghilangkannya. Melakukan hal itu dapat membantu toko dropship Anda melewati beberapa tahun pertama yang sulit. Semoga bermanfaat.