Perhatikan Famili Tanaman Dalam Rotasi Tanaman

https://www.pemanberita.my.id/2024/03/perhatikan-famili-tanaman-dalam-rotasi.html

Rotasi tanaman dengan memperhatikan famili tanaman merupakan strategi penting dalam menjaga kesehatan tanah dan memutus rantai penyakit. Hal ini karena hama dan penyakit tanaman dari famili yang sama. Dengan merotasi tanaman dengan famili berbeda, hama dan penyakit tidak akan menemukan inang yang sesuai untuk berkembang biak dan populasinya akan menurun.

Contohnya, jika sebelumnya di tanam padi (famili poaceae), maka selanjutnya bisa di tanam tanaman dari famili fabaceae seperti kacang tanah atau kedelai. Tanaman dari famili yang berbeda memiliki kebutuhan nutrisi dan hama yang berbeda, sehingga dapat membantu menjaga kesuburan tanah dan mencegah serangan hama dan penyakit.

Selain itu, rotasi tanaman juga dapat membantu meningkatkan kesuburan tanah dengan cara menambahkan nitrogen dan bahan organik ke tanah. Tanaman dari famili fabaceae, misalnya, memiliki kemampuan untuk meningkatkan nitrogen dari udara, sehingga dapat meningkatkan kesuburan tanah.

Oleh karena itu, rotasi tanaman dengan memperhatikan famili tanaman merupakan strategi penting dalam menjaga kesehatan tanah, memutus rantai penyakit dan meningkatkan hasil panen. Semoga bermanfaat.