Tips dan Penjelasan Tentang Katarak Pada Mata

https://www.pemanberita.my.id/2023/03/tips-dan-penjelasan-tentang-katarak.html

Pengertian katarak

Apa itu katarak? Jadi katarak ini adalah suatu kelainan pada mata, gejala yang dialami biasanya pasti akan merasakan pandangannya jadi lebih kabur, jadi sedikit berkabut atau kadang-kadang bisa dibilang kayak tidak jelaslah. Apa yang bisa dilihat, tapi sebelum masuk ke sana bahas dulu nih tentang struktur bola mata. Jadi bola mata kita kalau dilihat dari luar ke dalam ada terdiri dari beberapa lapisan, paling luar namanya konjungtiva, terus ada kornea, lalu ada pupil, iris dan ada bagian yang namanya lensa baru retina.

Kalau bicara katarak, kelainannya ini terjadi pada yang namanya lensa, kalau anda bayangkan lensa ini seiring waktu juga akan mengalami semakin keruh, semakin kotor. Hal itu yang menyebabkan terjadinya katarak, kalau misalnya anda dianalogikan punya kamera, punya handphonenya, kita punya ada lensa di belakangnya. Jadi kurang lebihnya kayak gini, lensa handphone ada kameranya. Bayangkan kalau lensanya ini mengalami kotor atau kabur otomatis saat kita mau fotokan jadi kelihatan lebih kabur, jadi lebih kotor gitu atau kadang-kadang mungkin ada spot sedikit-sedikit seperti foto kita ada titik hitam dan lain-lainnya.

Itu semua adalah gejala yang sama yang dirasakan oleh penderita katarak, disebabkan karena lensanya yang kotor. Nah untuk gejalayang menderita di katarak biasanya akan melihat pandangan jadi lebih kabur atau bisa juga di sedikit foggy. Mungkin tidak bisa menggambarkan secara sempurna tapi kurang lebih anda ada bayangan atau bisa juga dalam bentuk ada bintik-bintik spot. Kalau bicara tentang khalayak yang umum lainnya, salah satu gejala-gejalanya adalah biasanya pasien-pasien dengan katarak ini akan jadi jauh lebih sensitif atau lebih mudah silau terhadap cahaya.

Kalau kita dikasih center gitu mungkin kita masih bisa tahan, pasien-pasien penderita katarak biasanya akan jauh lebih terasa silau. Jadi sangat-sangat tidak nyaman, gejala-gejala lain juga bisa mengalami yang namanya double vision atau kita sebut di plopia, gangguan penglihatan saat malam hari. Jadi lebih dominan lebih parah melihatnya saat malam hari dan juga bisa ketemu ada seperti lingkaran di sekitar cahaya. Jadi kita sebenarnya efek penyebab katarak itu apa?

Kalau kita bicara soal katarak selalu dekat sekali dengan yang namanya usia, apalagi namanya lensa suatu bagian dari tubuh. Semakin lama, semakin usia kita bertambah tentu fungsinya juga akan semakin menurun. Apalagi untuk kita semua yang tinggal di daerah tropis terkena paparan sinar matahari. Umumnya pasien-pasien yang usianya di atas 55 tahun sering terpapar sinar matahari. Jadi mungkin biasanya bekerja sehari-harinya itu bisa terpapar sinar matahari secara langsung punya resiko mengalami katarak yang lebih besar.

Ditambah lagi kalau misalnya ada riwayat trauma atau misalnya seperti pernah kemasukan sesuatu dari benda asing atau kayak mungkin serpihan-serpihan saat bekerja, bisa serpihan kayu, bisa serpihan timah biasanya waktu ngelas dan lain-lainnya. Ini juga salah satu hal yang meningkatkan risiko seseorang mengalami katarak, namun katarak juga bisa terjadi pada orang-orang yang lebih muda bahkan pada bayi. Kalau pada bayi biasanya disebabkan oleh karena mengalami infeksi selama masa kehamilan. Salah satu infeksi yang cukup berbahaya adalah yang namanya rubella. Jadi orang yang ibunya yang terinfeksi rubella biasanya juga bisa menginfeksi bayi yang dikandungnya.

Manifestasinya biasanya mengalami katarak kongenital, jadi katarak sejak dia lahir sudah katarak atau juga bisa ada gangguan di telinga pendengaran dan juga di jantungnya. Lain lagi katarak juga bisa disebabkan oleh karena penggunaan obat tertentu seperti salah satunya golongan steroid. Itu juga bisa memicu percepatan terjadinya katarak, tapi anda tidak perlu khawatir selama obat tersebut diresepkan oleh dokter maka tentu sudah diperhitungkan dan tentu dosisnya juga tepat ketika penggunaannya secara berlebihan dan secara mandiri jadi tidak pernah konsultasi ke dokter itu yang perlu waspada dan hati-hati.

Nah sekarang gimana kita tahu kita mengalami katarak?

Mungkin anda sudah belajar dari gejala-gejalanya seperti apa, tapi tetap anda harus periksa ke dokter spesialis mata. Karena katarak ini perlu dinilai secara utuh, biasanya anda akan diperiksa oleh dokter spesialis mata menggunakan alat yang namanya ophthalmoscope dan juga agnes lebih seperti di center cahaya yang sangat terang. Sementara dokternya bisa melihat kondisi lensanya seperti apa, apakah memang keruh atau mungkin ada infeksi atau ada luka. Juga kalau memang masalahnya ada di lensa maka bisa didiagnosa sebagai retina, selesai lanjut ke pengobatannya.

Kalau kita bicara pengobatan sebenarnya katarak itu tidak ada obatnya, maksudnya tidak ada obat-obatan yang bisa menyembuhkan seseorang yang mengalami katarak. Obat-obatan yang ada itu sifatnya hanya untuk mencegah supaya tidak semakin parah lensanya, sudah kotor, yang kita bisa di lakukan adalah buang lensa lamanya pasang lensa baru. Ini yang terjadi ketika dilakukan namun namanya operasi katarak yaitu lensa yang lama itu bisa dihancurkan, digetarkan, setelah itu nanti dipasangkan lensa sintetis atau buatan yang baru.

Anda tidak perlu khawatir, operasinya termasuk yang termasuk aman sebenarnya karena tidak perlu khawatir. Jadi datang pagi operasi, setelah operasi mungkin tunggu 1-2 jam untuk pemulihan, setelah itu boleh rawat jalan gitu. Jadi termasuk operasi yang cukup aman apalagi kalau dilakukan di rumah sakit yang sudah sering melakukan operasi katarak, anda tidak perlu khawatir kalau mulai merasakannya. Semoga bermanfaat.