Menu Makanan Sehat Bagi Penderita Hipertensi

  https://www.pemanberita.my.id/2023/08/menu-makanan-sehat-bagi-penderita.html

Menu sehat untuk penderita hipertensi, seperti anda ketahui hipertensi sendiri adalah kondisi dimana tekanan darah kita di atas 140/90 milimeter air raksa, bagi para penderita hipertensi yang harus anda lakukan adalah menjaga pola hidup, seperti:

1. Anda harus mengkonsumsi obat-obatan untuk mengatur tanda-tanda, jangan pernah putus obat.

2. Kita mengatur pola makan

Jadi ini yang akan di bahas untuk membuat menu istimewa, tentu saja tidak kalah enak pasti kemudian mudah membuatnya dan tentu saja aman bagi penderita hipertensi.

Harus kita perhatikan adalah konsumsi garam

Para penderita hipertensi tentu saja harus membatasi konsumsi garam Anda, garam itu bukan hanya dari garam dapur, tapi makanan-makanan kalengan, makanan makanan olahan frozen food. Sebaiknya Anda hindari, paling bagus memang kita makan makanan fresh alias segar. Ayam kita makan ayam asli dibanding kita makan chicken nugget, misalnya kemudian daging dari pada kita makan daging olahan semacam kornet atau sosis lebih baik kita makan daging sapi asli.

Tapi tentu saja kita pilih bagian yang tanpa lemak, kemudian untuk bahan-bahan lainnya paling bagus adalah kita mengkonsumsi berbagai sayuran, serta buah-buahan yang beraneka warna. Seperti apa menunya, seperti kita akan membuat capcay special dengan isi tahu dan juga ayam. Jadi ini dia bahan-bahannya bahan yang pertama kita akan menggunakan tentu saja ayam.

Ayam disini pakai bagian dada yang memang sudah difillet tanpa kulit. Nah dalam 100 gr ayam ternyata tinggi sekali proteinnya, itu sekitar 20-25 gr protein. Ayam merupakan sumber protein hewani yang banyak sekali mengandung asam amino, banyak sekali mengandung vitamin, mineral serta protein.

Bahan kedua yang tak kalah penting adalah tahu kita harus melengkapi asupan protein hewani dengan nabati. Tahu sendiri merupakan jenis protein nabati yang berasal dari kedelai, seperti kita ketahui kedelai banyak sekali mengandung isoflavon yaitu antioksidan yang sangat baik bagi kesehatan pembuluh darah terkecuali untuk kesehatan jantung juga. Jadi bermanfaat bagi para penderita hipertensi. Untuk 100 gr tahu kira-kira dia mengandung sekitar 5-6 gr protein, jadi proteinnya oke kemudian.

Bahan berikutnya adalah sayur yang beraneka warna yang pertama kita mau mengambil wortel. Seperti anda ketahui wortel banyak sekali mengandung vitamin C, vitamin A serta kadar antioksidan yang sangat tinggi, vitamin mineral juga tak kalah. Kemudian kita ambil warna hijau di sini, anda sekalian bisa menggunakan pakai disini misalnya mau diganti dengan adanya sayur-sayur yang lain silakan.

Kemudian ambil lagi ada sawi putih, sawi putih juga mengandung vercetti mengandung antioksidan yang tinggi serta vitamin-mineral juga yang paling bagus di sini. Lalu ada brokoli, siapa yang tak suka brokoli, brokoli tinggi sekali magnesium, kemudian tinggi sekali seratnya juga. Jadi jika anda bisa tambahkan ini dalam menu harian akan sangat baik, tambahkan jagung muda.

Ini juga untuk menambah cita rasa entah kandungan dari bahan makanan tersebut. Seperti anda sudah tahu sudah punya sayur warna-warni, kita punya orange, putih, kuning, hijau. Jika anda sudah memenuhi lima warna dalam asupan harian kita sudah lengkap memenuhi antioksidan dalam kebutuhan sehari-hari. 
 
Karena penderita hipertensi harus mengurangi konsumsi garam sebaiknya untuk rasa bumbu kita pakai bumbu alami herbal-herbal gitu seperti bawang putih. Semoga bermanfaat.