6 Cara Mengatasi Ubanan Rambut Putih Secara Alami

 https://www.pemanberita.my.id/2024/02/6-cara-mengatasi-ubanan-rambut-putih.html

Bagaimana cara kita mengatasi rambut yang sudah ubanan tadi itu kita kembalikan menjadi hitam dengan cara yang alami, tentunya tanpa menggunakan obat-obatan. 
 
Jadi cara ini efektif dalam menghitamkan rambut yang sudah ubanan, tetapi banyak orang yang memilih cara yang lebih singkat dan juga cara yang lebih gampang seperti sulap langsung hitam, caranya itu dengan mengecat rambut.

Tetapi kali ini kita bahas cara yang alami dalam menghitamkan rambut, yakni:

1. Minyak kelapa dan lemon
Campuran minyak kelapa dan juga lemon ini bisa mengatasi uban. Nah karena di minyak kelapa itu ada vitamin E, vitamin K dan juga zat besi bisa merangsang registrasi dari batang rambut. Kemudian vitamin C yang terdapat pada lemon tidak kalah penting untuk menjaga kesehatan rambut kita. Campuran minyak kelapa dan lemon ini lebih bagus, lebih baik bisa di cium dari bau aromanya.

Apabila mencampurkan minyak kelapa dan lemon dibandingkan kalau anda hanya memakai minyak kelapa saja jadi aromanya lebih wangi. Caranya bagaimana, caranya ambil satu buah lemon kemudian 5 sendok minyak kelapa. Jadi satu buah lemon tadi diperas kemudian dicampur 5 sendok minyak kelapa tadi, diaduk hingga rata kemudian diaplikasikan ke rambut, diamkan hingga 10-30 menit. Setelah itu baru dibilas dengan air, dicuci bersih.

2. Minyak kemiri
Siapa yang tidak kenal dengan minyak kemiri ini sudah terekspos ataupun sudah terkenal. Minyak kemiri ini dari zaman dulu sampai sekarang bisa membuat rambut menjadi hitam dan juga lebih tebal, lebat, biasanya kalau orang yang rambutnya sudah mulai menipis itu pakai minyak kemiri.

Kenapa minyak kemiri bisa menghitamkan dan juga menebalkan rambut? Itu karena vitamin dan juga asam lemak yang terkandung di dalam minyak kemiri. Jadi anda bisa mendapatkan minyak kemiri ini di mana saja, di pasar ada atau misalnya anda ingin membuat sendiri minyak kemiri bisa. Kalau seandainya anda ingin memakai minyak kemiri sendiri di rumah yang anda buat itu bisa ambil kemiri kemudian bakar, kemudian ditumbuk dan diperas minyaknya.

Nah minyaknya ini yang tadi akan dipakai di rambut bisa diaplikasikan setiap hari. Jadi ini bisa dipakai misalnya sebagai masker rambut, rambut juga bisa di maskerin. Jadi bisa dipakai sewaktu sebelum tidur, kemudian pagi harinya dibilas, sehingga bisa diaplikasikan di rumah mau beli kemiri sendiri di pasar silakan mau membuat dengan cara tradisional tadi juga boleh.

3. Kulit kentang
Pati dalam kulit kentang itu sebagai pewarna alami untuk rambut, caranya ambil kulit kentang campur dengan air direbus hingga mendidih, kurang lebih 25 menit. Setelah mendidih disaring, yang kita perlukan air rebusan tadi bukan kulit kentangnya, saring kemudian diamkan hingga dingin.

Takarannya bagaimana? Satu gelas kulit kentang ditambahkan 2 gelas air, jika tidak suka dengan aromanya karena tidak enak ngak bikin pusing, bisa anda campurkan dengan minyak esensial supaya aromanya lebih fresh,  lebih segar, lebih enak jika dipakai ataupun diaplikasikan. 
 
Cara mengaplikasinya bagaimana? Bisa menggunakan tangan langsung, diambil dipijat-pijat rambutnya atau menggunakan sikat seperti anda ingin mengecat rambut. Ini bisa dilakukan sampai warna rambutnya kembali seperti semula.

4. Daun jambu biji
Jadi daun jambu biji juga bermanfaat dalam menghitamkan kembali rambut, vitamin C dan juga kandungan tinggi antioksidan yang terdapat didalam daun jambu biji bisa menjaga kesehatan rambut, memperkuat rambut dan juga mempertahankan pigmentasi dari rambut. Cara mengaplikasikan daun jambu biji ini bisa ambil beberapa lembar saja daun jambu bijinya.

Kemudian ditumbuk halus, setelah ditumbuk halus bisa dicampurkan sedikit air kemudian baru dioleskan ataupun dipijat di rambut, dipijat sambil enjoy ataupun sambil nonton. Jadi lakukan kegiatan-kegiatan tadi dengan enjoy, setelah dibalurkan seluruh rambut, lalu diamkan selama 1 jam. Setelah rata ke semua rambut, diamkan selama 1 jam kemudian baru dibilas dengan air, lakukan cara ini 2-3 kali seminggu.

5. Bawang bombay
Jadi kandungan yang tinggi pada bawang bombay itu kandungan enzim katalase, bisa menghilangkan hidrogen peroksida yang merupakan penyebab terjadinya uban. Kandungan vitamin lain juga di bawang bombay ini bisa membuat rambut kuat, kemudian sudah bebas ketombe. Walaupun memang agak bau aromanya, tidak enak tapi manfaatnya juga bisa membuat rambut anda sehat.

Cara mengaplikasikannya bawang bombay diparut, kemudian disaring, baru dibalurkan di rambut, kemudian memakai handuk ditutup pakai handuk atau pakai sower cup, diamkan selama 30 menit dan setelah itu baru dibilas dengan air bersih dan juga jangan lupa di samping kalau tidak sampai itu baunya ataupun aroma rambutnya jadi tidak enak.

6. Menggunakan bunga kembang sepatu
Jadi bunga kembang sepatu ini menurut manfaat juga untuk mengatasi uban, walaupun bunga kembang sepatu ini banyak dijumpai, anda bisa mendapatkan bunga kembang sepatu. Jadi kandungan polifenol dan juga vaporin di bunga kembang sepatu ini bermanfaat untuk mengatasi uban ataupun ubanan.

Cara menghilangkan uban dengan bunga kembang sepatu, bisa mencampurkan bunga kembang sepatu tadi dengan minyak kelapa, minyak kemiri ataupun minyak zaitun. Jadi cara mengaplikasikannya, ambil minyak salah satu tadi kemudian dipanaskan, ambil beberapa helai kelopak bunga kembang sepatu tadi, baru didinginkan. Setelah didinginkan minyak tadi dioleskan ke rambut, setelah dioleskan di bilas 30 menit oleskan, ditunggu didiamkan baru dibilas sampai bersih.

Jadi itulah beberapa cara alami untuk menghitamkan rambut yang sudah memutih, yang sudah ubanan sebelum waktunya. Jadi bisa anda terapkan dirumah cara tersebut gampang. Nah tinggal cari berbagai macam bahan-bahan tadi mana yang mudah didapatkan dan juga mana yang mudah diterapkan menurut anda di rumah.  Semoga bermanfaat.